Olahraga yang baik untuk ibu hamil

Berolahraga saat hamil memiliki banyak manfaat untuk anda dan bayi anda. Anda akan mendapatkan peningkatan pada mood, penurunan gejala masalah pada kehamilan, dan pemulihan pasca persalinan yang lebih cepat. Dan juga bayi anda dapat memiliki jantung yang bugar, menurunkan IMT, dan meningkatkan kesehatan otak. Anda masih bisa mendapat manfaat dari beraktifitas selama masa kehamilan.

Baca juga artikel lain di : https://dailyhealth.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Olahraga juga sangat aman, selama anda mendapatkan saran dan rekomendasi dari dokter sebelum melakukan rutinitas latihan baru atau yang sudah dikenal dan mengikuti beberapa modifikasi khusus kehamilan.

Selama anda mendapat lampu hijau untuk berolahraga dari dokter anda, anda dapat mempertimbangkan latihan kardiovaskular untuk meningkatkan sirkulasi darah, tonus otot, dan daya tahan tubuh yang tentunya sangat baik untuk anda. Berikut adalah olahraga yang baik dilakukan oleh para ibu hamil agar tetap sehat dan bugar pada masa kehamilan :

Renang

Berenang dan aerobik air mungkin merupakan latihan kehamilan yang sempurna. Mengapa? Di dalam air, berat anda lebih sedikit daripada yang anda lakukan di darat, sehingga anda akan merasa lebih ringan dan lebih gesit.

Berenang di kolam renang juga dapat membantu meringankan mual, nyeri linu panggul, dan pergelangan kaki bengkak. Dan karena bayi melayang di air bersama anda, ia lembut di sendi dan ligamen anda yang melonggarkan (respons alami tubuh anda terhadap hormon kehamilan).

Hanya saja anda harus berhati-hati saat berjalan di sisi kolam yang licin, dan melangkah atau meluncur ke dalam air daripada menyelam atau melompat. Bayi anda yang sedang tumbuh tidak siap untuk menangani gelembung yang terbentuk di dalam tubuh ketika anda dengan cepat mengubah ketinggian di bawah tekanan air. Dan saat kehamilan anda berlanjut, pusat gravitasi kemungkinan akan hilang juga. Maka dari itu dampak dari menyelam tidak sebanding dengan resikonya.

Berjalan

Tidak ada olahraga yang lebih mudah untuk disesuaikan dengan jadwal sibuk anda selain berjalan selama kehamilan, dan ini adalah olahraga yang dapat anda teruskan hingga mendekati masa kelahiran (dan bahkan pada hari H jika Anda ingin membantu dalam kontraksi). Terlebih lagi, Anda tidak perlu peralatan khusus atau keanggotaan di tempat gym untuk berpartisipasi.

Lari

Jika anda ingin sedikit lebih cepat, anda dapat mencoba jogging atau lari kecil. Alangkah lebih baik jika anda melakukan aktivitas ini pada medan yang rata (atau treadmill) dan jangan pernah berlebihan (ligamen dan sendi yang longgar selama kehamilan dapat membuat lebih rentan terhadap cedera).

Eliptikal dan Olahraga Tangga

Baik eliptikal dan olahraga tangga merupakan aktifitas fisik yang baik selama kehamilan. Sesuaikan kecepatan, kemiringan, dan ketegangan ke tingkat yang nyaman bagi anda. Ingatlah bahwa ketika kehamilan anda berlanjut, Anda mungkin mengalami kesulitan dengan resistensi dan perlu memberi perhatian lebih saat melangkah untuk menghindari tersandung.

Kelas Aerobik

Kelas tari dan low impact aerobik seperti Zumba adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung anda dan membuat endorfin mengalir jika anda seorang pemula dalam berolahraga. Saat perut anda mengembang, hindari aktivitas apa pun yang membutuhkan keseimbangan yang cermat.

Jika anda seorang atlet berpengalaman, dengarkan tubuh anda, hindari gerakan melompat atau berdampak tinggi, dan jangan pernah berolahraga sampai titik kelelahan. Jika anda baru berolahraga, pilih aerobik versi air, yang ideal bagi para ibu hamil dan tentunya sangat nyaman.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *